EFT Introduction Video

EFT in Action - Physical Issues

Minggu, 21 Juni 2009

Tahukan Anda mengapa….

…..Para atlit prestasinya merosot? Hal ini mungkin berlawanan dengan logika pada umumnya, yaitu tidak ada alasan fisik pada mereka melakukannya di bawah kemampuan terbaik mereka. Semua atlit sama – sama orang yang terlatih sebelum, sesudah dan selama kemerosotan prestasinya. Tapi semua atlit mengalaminya berulang kali di dalam karir mereka. Mengapa?

…..Kecanduan (addictions) sulit untuk diatasi? Kenyataannya, pecandu biasanya ingin terbebas dari pola yang merusak ini. Mereka tahu dan sering mengiyakan bahwa kecanduannya mengurangi kesehatan, mengganggu hubungan, dan bahkan hidup mereka. Tapi mereka tetap saja melakukannya. Mengapa?

…..Depresi sangat sulit diperbaiki?. Hal ini merupakan masalah psikologi yang paling sulit untuk ditangani. Jika Anda melakukan terapi dengan cara konvensional untuk menghilangkan depresi, cara ini biasanya akan membutuhkan waktu bertahun – tahun dan sangat mahal. Jika ada progres, itupun hanya seperti langkah seorang bayi. Mengapa?

…..Kita sering mensabotase diri kita sendiri?. Contoh, Ketika kita mencoba mengurangi berat badan atau membaca cepat kita sering mencoba untuk “menghentikan diri kita” dan kembali pada “keadaan nyaman” dengan sedikit atau tidak ada perubahan. Mengapa?

…..penyembuhan sering memakan waktu begitu lama?. Pilek yang tidak mau pergi, patah tulang membutuhkan penanganan seumur hidup, sakit kepala tidak sembuh – sembuh. Mengapa?

Alasan di atas adalah apa yang biasa disebut sebagai sabotase diri (self sabotage). Inilah alasan mengapa kita sering menjadi musuh dari diri kita sendiri dan tidak mencapai keadaan yang kita inginkan. Sebagai tambahan contoh di atas, mengapa banyak orang mencoba dalam kesia – siaan untuk menghasilkan banyak uang dan jatuh bangun dalam banyak usaha mereka walaupun mereka tahu mereka mempunyai kapasitas untuk meraihnya.Sebelum ditemukan teknik ini, orang yang kelihatannya tidak mampu untuk membuat perubahan di bidang yang penting buat mereka disalahkan karena hal - hal seperti “kurang kemauan” motivasi yang lemah”, “ menunda – nunda”, “kurang yakin”, “kurang berani mengambil keputusan” atau bentuk lainnya. Tapi sebenarnya bukanlah demikian. Ada penyebab lain….dan hal itu bisa diperbaiki.

Psychological Reversal (PR) adalah penyebabnya. PR adalah hal yang sangat vital di psikologi, pengobatan, kecanduan, kelebihan berat badan, dan bidang – bidang seperti olah raga dan kemampuan bisnis.Bila terdapat PR, perubahan hanya terjadi sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. PR akan menghalangi perubahan.

Keyakinan membatasi (limiting beliefs) anda terhadap sesuatu juga termasuk PR yang membuat usaha menjadi seperti yang anda yakini.

Apakah Psychological Reversal itu?. Setiap orang pasti mengalaminya. PR terjadi karena pembalikan arah pada sistim energi dalam tubuh dan hal ini biasanya tidak disadari. Anda tidak merasakan hal itu terjadi. Hal ini dapat digambarkan seperti batu battery yang terpasang terbalik sebagai diterangkan di EFT Course Video Part I. Menariknya, PR sering merupakan bentuk apa yang disebut sebagai “seconday gain or loss”. Contoh, seseorang yang secara sadar percaya bahwa keinginan mereka untuk menurunkan berat badan sering secara tidak sadar timbul “ penghambat” seperti, “ jika berat badan saya turun saya akan mengeluarkan biaya tambahan untuk pakaian baru saya. Orang yang demikian memiliki PR dalam usaha menurunkan berat badannya.

Apa yang menjadi penyebab PR?

Penyebab utamanya adalah pikiran, yang akan menghentikan mereka pada usaha apapun yang mereka lakukan. Mereka banyak mengeluh dan menyakini diri mereka adalah korban dunia.

PR juga sesuatu yang kronis pada orang yang menderita depresi. Depresi, pikiran negative dan PR hidup secara bersama. Sebenarnya orang menyadari, walaupun secara tidak sadar, bahwa pikiran negative menghentikan proses usaha mereka. Itulah mengapa begitu banyak seminar dan buku – buku yang mengajarkan berpikir positif. Akan tetapi, hingga sekarang, tidak ada orang yang dapat menjelaskan bagaimana pikiran negative menciptakan hambatan dan lebih sedikit yang dapat memberikan cara untuk mengatasinya.

Pada kebanyakan orang, PR muncul di bidang tertentu. Seseorang mungkin sangat berprestasi di suatu bidang tetapi menyerah pada usaha untuk berhenti merokok. Mereka secara sadar ingin berhenti dan mungkin bisa menghentikan kebiasaan buruknya itu sementara waktu. Tapi pada akhirnya, jika ada PR, mereka akan mensabotase usaha mereka dan mulai merokok lagi. Mereka bukannya lemah, tapi pada diri mereka ada PR.

PR bisa dikoreksi dan prosesnya pada EFT disebut Setup, yang hanya memerlukan beberapa detik untuk melakukannya. Proses ini diulas secara detail di bagian The Basic Recipe pada EFT Foundational Course Video.

Apakah saat ini ada sesuatu yang ingin Anda ubah namun Anda kerap kali menyerah pada usaha Anda? Anda bisa lemparkan hal tersebut di milis dan mari kita sama – sama mendiskusikannya. Kalau ada perasaan malu untuk membicarakan masalah Anda, itu merupakan salah satu bentuk PR yang Anda miliki.

Tidak ada komentar: