EFT Introduction Video

EFT in Action - Physical Issues

Selasa, 11 Maret 2008

Sejarah singkat EFT

EFT adalah versi emosional dari akupuntur. Teknik penyembuhan timur akupuktur sendiri berusia sudah lebih dari 5000 tahun. Dr. John Diamond menulis tentang hubungan “sistim energi tubuh” dengan gangguan psychologis. Dari konsep ini dilahirkan cabang baru dari ilmu psychology, yaitu Energy Psychology.

Dr. Roger Callahan, seseorang yang juga sudah lama mempelajari sistim energi tubuh melahirlah teknik terapi yang kontroversial yaitu Tought field Therapy (TFT) atau juga dikenal dengan Callahan Technique.

Pada waktu itu di tahun 1980 Dr. Callahan sedang menangani Mary yang sudah bertahun-tahun dengan keluhan sakit kepala berkepanjangan dan mengalami mimpi buruk yang menakutkan karena intense aqua phobia. Hingga suatu hari, Dr. Callahan mencoba cara terakhir diluar batas ilmu psikoterapi. Dengan pengetahuan “sistim energi tubuh” yang didapat, Ia mecoba mentapping (mengetuk) dengan ujung jarinya ke bagian bawah mata. Setelah pulang Mary melaporkan phobianya hilang dan Ia berani mendekati kolam air dan memercikan air ke mukanya tanpa rasa takut.Sakit kepalanya hilang demikian juga dengan mimpi buruknya.
Dari situlah Dr. Callahan menciptakan
Tought field Therapy (TFT).

Murid pertama yang belajar teknik TFT pada Dr. Callahan adalah Gary Craig. Karena tekniknya dirasakan rumit, Gary Craig menyederhanakan TFT menjadi teknik yang mudah dipelajari namun efektif yang dinamakan Emotional Freedom Technique (EFT). Ia memperkenalkan teknik ini ke seluruh dunia. Dan pada puncaknya Ia menawarkan menterapi para veteran perang Vietnam di VA (Veteran Administration) yang sudah puluhan tahun menderita Post traumatic Stress Disorder (PTSD). Dalam 6 hari Gary berhasil membebaskan 20 orang veteran dari penderitaan puluhan tahun karena perang Vietnam.

Tidak ada komentar: